Error Message Send With Contact Form 7 Worpress Plugin

Hallo Selamat Pagi, disini saya baru saja bermain kembali dengan CMS yang fenomenal yang satu ini, siapa sih yang tidak kenal dengan wordpress.

Disini saya akan memberikan solusi ketika kalian menggunakan plugin Contact Form 7 Free Version, ketika kalian mencoba send message melalui form contact muncul pesan error seperti dibawah ini :

There was an error trying to send your message. please try again later.!

Langkah pertama yang harus kalian cek adalah, apakah kalian menggunakan Re-Captcha Integration ? kalian bisa cek di bagian Contact Form dan menu Integration, jika “Iya” kalian menggunakannya segera kalian remove (jika kalian menggunakan settingan SMTP Hosting), jika kalian menggunakan Settingan SMPT Mail hosting dan ReCaptha dari Google tidak akan sinkronisasi yang menyebabkan pesan pengunjung blog kalian tidak bisa terkirim kepada anda.

Langkah ke dua, segeralah tambahkan plugin tambahan untuk mengatur settingan SMTP kalian agar mudah, install dan aktifkan plugin tersebut dan menuju ke settingan/pengaturan (Plugin Name : WP Mail SMPT). Disini saya menggunakan SMTP bawaan dari Layanan Hosting biasanya Incoming / Outgoingnya adalah mail.namadomainkalian.com.

Untuk mengetahui koneksi SMPT hosting kalian, masuklah ke Cpanel dan Bagian Email – Email Account. Jika kalian belum membuat email domain, segeralah buat, jika email domain kalian sudah ada seperti contoh email saya : email@mhafid.com kalian pilih ke Manage – Connect Device, maka kalian akan melihat Mail Client Manual Setting. DIsana akan di informasikan Incoming server dan Outgoingnya lengkap dengan port dan hostnya.

Kembali ke form pengaturan plugin WP-Mail SMTP, masukan email kalian yang sudah didaftarkan pada hosting kalian pada field From Email, isikan bebas keterangan pada field From Name, bisa di isi dengan title nama blog kalian. Pilih opsi Mailer “Other SMTP”.

Field SMPT Host biasanya di isi dengan mail.namadomain.com, perhatikan cpanel mail kalian pada bagian host incoming/outgoing. Jika kalian menggunakan SSL biasanya port defaultnya adalah 465, apabila Non Tanpa SSL 587.

Hidupkan auto TLS dan Authentication, masukan username / email domain kalian dan passwordnya (password login email domain) bukan password cpanel / password login wordpress kalian ya.

Jika semua sudah dikonfigurasi, jangan lupa untuk di save dan lakukan testing kirim email dari plugin WP-Mail SMTP dengan memilih tab “Email Test”. Masukan email yang ingin dikirimkan pada field “To” dan klik tombol “Send Mail”. Jika masih ada error pastikan kembali koneksi akun SMTP hosting kalian dan baca lagi tulisan ini dari point paragraf langkah ke dua.

Sekarang kalian bisa test kirim message melalui contact us di blog kalian yang sudah dipasangan form kontak dari Contact Form 7.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *