Cara Remote Database Hosting dengan MySQL Workbench

Selamat pagi, sebelum kalian membaca dan mencoba lebih jauh apa yang dimaksud dengan judul artikel ini, kalian harus memahami remote database dan apa kegunaannya. Disini saya mempunyai remote client database menggunakan MySQL Workbench, walaupun diluar sana banyak software remote database yang bersifat free seperti MySQL Yog, Heidi SQL, Navicat dll.

Selain itu saya juga mempunyai hosting dan menggunakan database MySQL, saya hanya ingin membuka database saya melalui software client database akses MySQL Workbench tanpa harus mengakses phpmyadmin hosting atau login melalui cpanel.

Ada beberapa langkah yang harus disiapkan diantaranya, kalian harus memberikan akses terbuka agar database yang ada dihosting bisa diakses dari luar (Aplikasi Client DB). Caranya adalah kalian harus mengetahui IpAddress kalian dan mendaftarkannya di cpanel host. Kenapa menggunakan IpAddress ? Alasannya adalah keamanan, walaupun bisa menggunakan simbol % yang artinya dapat diakses dari alamat/ip manapun.

Tahapan setting database MySQL agar bisa diakses melalui aplikasi client database adalah sebagai berikut :

  • Masuk kedalam Cpanel Hosting dengan menggunakan username dan password.
  • Masuk kedalam kategori DATABASE (Gambar ke1)
  • Pilih Remote MySQL
  • Tambahkan akses ke database dengan mengisi field Host dan Comment (optional/bebas) (Gambar ke2)
  • Isikan dengan alamat Ip Address kalian pada field Host dan apabila database mau diakses dimanapun dan oleh siapa pun kalian bisa menggunakan tanda % (tidak direkomendasikan)
  • Klik Add Host dan perhatikan di bagian Manage Access Hosts, apabila sudah ada data yang baru saja dimasukan, silahkan coba login database menggunakan aplikasi client database seperti MySQL Workbench.
Gambar 1
Gambar 2

Sekarang koneksikan dengan menggunakan aplikasi client database (MySQL Workbench).

  • Buka aplikasi MySQL Workbench dan Tambahkan Koneksi dengan menekan tombol (+) disamping tulisan MySQL Connection (Gambar3)
  • Isikan dengan ConnectionName (Bebas), hostname (Domain), Port (Standar:3306), username (Username MySQL Hosting), password (Password MySQL Hosting) (Gambar4)
  • Klik Test Connection untuk memastikan bisa terkoneksi ke database di hosting, dan OK
Gamabr 3
Gambar 4

Semoga tutorial ini bermanfaat.

Author: Hafid

Hi! My name is Hafid and I'm Indonesian DKI Jakarta. Here's my profile www.mhafid.com. In here, I share a lot of information about programming and linux there.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *