Membuat Bootable MacOS di Flashdisk

Halo guys, kali ini saya akan memberikan tutorial singkat mengenai bagaimana cara membuat bootable MacOS dengan menggunakan media Flashdisk. Selama ini mungkin kalian sudah mengenal dan mencoba membuat bootable installer OS di Flashdisk dengan menggunakan Source OS Windows atau Linux seperti Ubuntu / CentOS atau lainnya.

Pertama kalian harus mempersiakan flashdisk dengan kapasitas yang cukup disarankan menggunakan flashdisk 16GB merek apapun dan tidak disarankan ada data apapun didalam flashdisk (harus kosong).

Format flashdisk ke ExtFat. Cara memformatnya silahkan masuk ke menu yang bernama Disk Utility.

Pilih Nama Flashdisk kalian, lalu klik kanan dan pilih Erase.

Pilih format ExFAT, dan hal ini akan menghapus secara keseluruhan isi flashdisk. Tunggu prosesnya hingga selesai dan tidak memakan waktu lama.

Setelah sarana flashdisk sudah disiapkan, maka saatnya kalian mendownload bahan untuk MacOsnya, disini saya menggunakan MacOS Catalina yang akan saya bootablekan ke Flashdisk. Berbeda dengan cara membuat bootable OS Windows / Linux yang menggunakan Format Iso, disini MacBook menggunakan format .app, karena didownloadnya pun tidak bebas di internet, harus menggunakan AppStore.

Cari dengan mengetikan MacOs Catalina, lalu pilih Get, biarkan melakukan download hingga selesai. Hal ini memakan waktu yang cukup lama tergantung dengan koneksi internet kalian, Source yang didownload sekitar 8Gb. Namun kalian tidak perlu khawatir jika yang terinstall pada MacOS kalian BigSur hal ini tidak akan mengubah OS kalian yang terinstall pada Macbook.

Setelah proses selesai maka akan tampil MacOS Catalina pada menu Launchpad.

Sekarang kalian sudah mempunya 2 bahan (flashdisk dan Os .app). Buka terminal dan ketikan perintah dibawah ini :

sudo /Applications/Install\ macOS\ Catalina.app/Contents/Resources/createinstallmedia –volume /Volumes/MHafid

Dipaling ujung ada nama saya MHafid, ini adalah nama flashdisk saya, sesuaikan dengan flashdisk kamu ya. Lalu tekan enter, dan ketikan huruf “Y” yang menandakan bahwa kalian setuju untuk melakukan rewrite ke dalam flashdisk. Proses ini memakan waktu cukup lama.

Sampai saat ini anda berhasil sudah membuat bootable MacOS Catalina ke Flashdisk.

Resource yang saya gunakan :

  • Macbook Pro 2019 – BigSur 11.3.1
  • Flashdisk Toshiba 16Gb
  • MacOS Catalina
  • Internet Tethring byXL Asus ROG Phone II

Semoga tutorial ini dapat membantu kamu.

Author: Hafid

Hi! My name is Hafid and I'm Indonesian DKI Jakarta. Here's my profile www.mhafid.com. In here, I share a lot of information about programming and linux there.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *