Mengizinkan Port di Ubuntu Server dengan WebMin

Halo guys, disini saya ingin menjelaskan singkat mengenai bagaimana cara membuka port pada server Ubuntu, dimana kita pasti mengetahui mengenai fungsi dan peran dari FireWallD. Jika kalian tidak terbiasa dengan command line pada saat membuka port dengan menggunakan perintag iptables, disini kalian bisa dengan menggunakan bantuan manajemen server (WebMin), yang pasti harus sudah terinstall ya di Ubuntu Server kalian WebMinnya. Disini saya tidak menjelaskan bagaimana cara install Webmin tetapi langsung menginformasikan dimana salah satu fitur webmin ada yang berfungsi untuk membuka port.

Pastikan kalian dapat mengakses webmin kalian di port 10000 ya, jika sudah masukan username dan password root kalian, biasanya password root server match dengan username password webmin. Jika sudah kalian cari menu networking lalu pilih FirewallD.

Kalian bisa lihat di kolom sebelah kanan, disana ada beberapa port yang sudah saya masukan ke daftar open port. Bagaimana jika kalian ingin menambah port yang ingin anda buka aksesnya.

Pilih “Add allowed port”. nanti akan terbuka seperti pada gambar dibawah ini :

Pada gambar di atas saya memberikan contoh bahwa saya akan membuka semua port dari port 9001 s/d 9999. Jika hanya 1 port saja kalian bisa pilih “Single Port” dan untuk pilihan Network Protocolnya adalah “TCP”. Lalu pilih tombol Create.

Kalian bisa lihat port yang sudah saya daftarkan barusan, sekarang kalian klik “Apply Configuration” agar merefresh iptablesnya dan port kalian dapat di akses. Bagaimana mudah bukan ?

Author: Hafid

Hi! My name is Hafid and I'm Indonesian DKI Jakarta. Here's my profile www.mhafid.com. In here, I share a lot of information about programming and linux there.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *