Wi-Fi Weak Security Message on iPhone or Macbook

Huy guys, di jaman modern begini siapa yang tidak kenal dengan koneksi Wifi, sudah pasti hampir sebagian orang tidak lepas dari kegiatannya di internet. Disini saya ingin membahas mengenai message yang berbunyi “Wi-fi Weak Securty”, pesan ini sebenarnya hanya akan muncul jika kalian menggunakan perangkat dari kelurga Apple seperti Iphone, Macbook dan Ipad. Sebenarnya tidak ada masalah apabila kita diamkan message itu, berbeda dengan saya yang memikirkan kenapa message itu muncul dan apa penyebabnya.

Disini saya menggunakan perangkat Iphone 7 dan Macbook pro 2019, dengan menggunakan jarigan internet rumahan (Indihome) dari telkom.

Pertama kita harus cek kedalam modemnya untuk mendapatkan informasi terkait dengan jaringan kita, tapi kalian harus dalam terkoneksi internet di jaringan tersebut ya.

Buka Browser pada perangkat ada dan masukan Ip : http://192.168.1.1/ untuk masuk kedalam pengaturan perangkat.

Kalian harus mengetahui username dan passwordnya, biasanya secara default yang saya coba berhasil adalah username : user dengan password : user.

Jika berhasil kalian akan masuk kehalaman informasi defice perangkat modem kalian, sekarang untuk menghilangkan pesan “Wi-fi Weak Securty” kita cek “WPA Encryption” yang digunakan, dengan cara masuk ke menu yang ada disebelah kiri “Network”, lalu pilih “Securty”.

Bisa kalian perhatikan bahwa WPA Encryptionnya secara default adalah TKIP + AES dan Authentication Typenya adalah “WPA/WPA2-PSK”.

untuk Authentication Typenya sudah benar pilih “WPA/WPA2-PSK” dan untuk WPA Encryptionnya silahkan ganti menjadi “AES”, kenapa demikian ? WPA / WPA2 – Wi-Fi Protected Access, WPA, menambahkan lapisan keamanan tambahan ke WEP, tetapi semacam perbaikan sementara hingga WPA2. WPA2 adalah protokol keamanan umum yang digunakan pada router saat ini. Meskipun ada beberapa kerentanan, ini masih cukup aman. WPA2 dapat berupa TKIP atau AES. Anda menginginkan AES karena ini lebih baru, lebih aman dari keduanya.

Sekarang akan secara otomatis modem kalian melakukan restart. Setelah itu coba kalian perhatikan kembali, message tersebut sudah hilang.

Semoga tutorial dan penjelasan ini bermanfaat.

Author: Hafid

Hi! My name is Hafid and I'm Indonesian DKI Jakarta. Here's my profile www.mhafid.com. In here, I share a lot of information about programming and linux there.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *